Jagung Kendal Jawa Tengah

Posted on: Juli 21, 2019, by :

Kabupaten kendal merupakan salah satu wilayah andalan penghasil jagung di Jawa Tengah. Menurut Kementan, ada 4 kecamatan yaitu Pegandon, Cepiring, Gumuh, dan Patean yang merupakan sentra jagung di Kabupaten Kendal. Salah satunya, Kecamatan Patean kurang lebih menghasilkan 7.500 hektar dengan rerata hasil produksi petani sekitar 8 ton per hektar. 

Wilayah Kendal sudah melewati puncak panen jagung yang umumnya terjadi pada bulan Januari-Februari yang merupakan hasil tanam bulan Oktober-November. Karena adanya perbedaan kondisi iklim, tipe lahan, ketersediaan air, dan kultur sosial masyarakat setempat, Kendal memiliki  waktu tanam yang bervariasi sehingga tiap bulan memungkinkan adanya panen jagung dengan kuantitas yang bervariasi juga. Hal ini selaras dengan kontur tanah di Kendal yang sangat cocok untuk penanaman jagung. “Kendal bisa dikatakan wilayah yang positif. Tinggal masyarakatnya saja yang mau bergerak, pasti tidak akan kelaparan.” ucap salah satu petani yang juga sebagai pengepul di wilayah Kendal, Pak Jum dan tim.

Saat ini harga sedang tidak bersahabat dengan para petani jagung termasuk petani jagung di Kendal.  Pada akhir Juni, petani bisa memperoleh harga 4.000-4.100 per kg. Awal Juli, karena banyaknya Stok jagung & Pabrik yang sudah oversupply harga menurun drastis ke angka 3.500 per kg yang diterima petani. Saat ini, petani hanya bisa menerima keadaan menjual hasil panennya dengan harga yang sekarang. Beberapa waktu kedepan petani berharap harga mulai merangkak naik sehingga jerih payah meraka diapresiasi dengan layak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *