Diskusi Strategi Program Jagung Nasional Bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah

Posted on: Maret 20, 2019, by :

Selasa, 19 Maret 2019. Griya Tani dan Global Agro Tangguh berkesempatan berdiskusi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah perilah pengembangan pogram jagung nasional. Dalam kesempatan ini Griya Tani berkesempatan mensosialisasikan program jagung nasional yang kami canangkan bersama Koperasi Duta Tani di beberapa kabupaten. Harapan dari pertemuan ini dapat menjadi langkah awal untuk bisa dikembangkan di berbagai daerah Jawa Tengah.

Kepala Sub Direktorat Jagung, Pak Nanto sangat mengapresiasi program yang sedang dilaksanakan ini. “Saya sangat mendukung program yang bapak mas canangkan. Ini baru pertama kalinya saya mendengar program bantuan untuk petani dari pra tanam hingga pasca panen yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan teknologi IT.” ungkap Pak Nanto. Program ini sangat berpotensi untuk dikembangkan di Jawa Tengah karena Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu penghasil jagung Nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) total lahan jagung Jawa Tengah mencapai 542.804 hektar yang berpotensi menghasilkan 3,2juta ton jagung.

Saat ini, Pemerintah khususnya Kementan masih berfokus pada program-progam pengembangan & pendampingan untuk petani pada aspek produksi saja, belum bisa memberikan solusi untuk pasca panennya. Sejatinya, masalah utama petani-petani di Indonesia adalah sulitnya petani mendapatkan hasil yang lebih layak atas jerih payahnya bertani. Perniagaan lah yang menjadi titik lemah petani. Harapannya dengan adanya program kolaborasi antara petani, Koperasi, Komunitas, Swasta, dan Pemerintah ini menjadi solusi untuk mensejahterakan petani Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *