Koperasi Duta Tani, Koperasi Masa Kini

Posted on: Desember 3, 2018, by :

Koperasi Duta Tani, Lembaga Pemberdayaan Petani Masa Kini

Koperasi Duta Tani merupakan platform koperasi nasional yang dibentuk pada awal tahun 2018 ini, hasil dari kolaborasi antara Kementan, PBNU, Pemerintah Kabupaten, dan kelompok tani. Koperasi yang sudah terbentuk dan berproses adalah Koperasi Duta Tani Mubarok-Ponorogo ; Koperasi Duta Tani Sejahtera-Dompu NTB ; Koperasi Duta Tani Sahabat Jagung-Kota Bima NTB; Koperasi Duta Tani Bima-Kab.Bima NTB. Koperasi duta tani hadir sebagai lembaga yang dapat menaungi kebutuhan petani serta menjadi solusi untuk kesejahteraan petani.

Koperasi nantinya akan mewadahi para petani yang sudah mendaftar sebagai anggota koperasi untuk memperoleh berbagai kebutuhan bertani dari pra panen sampai pasca panen. Saat ini program yang digalakkan adalah program penanaman jagung nasional. Adanya koperasi ini akan memudahkan para petani untuk memperoleh kredit usaha untuk berbudidaya.

Koperasi akan berkolaborasi dengan lembangan Bank dan Non Bank untuk memberikan pinjaman kepada petani Jagung yang menjadi aggota. Agar keberlangsungan program ini berjalan dengan baik, Koperasi Duta Tani membuat kelompok sosial yang terdiri dari 20-30 anggota yang berlaku sistem tanggung renteng apabila ada anggota yang tidak dapat melunasi pinjaman. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk menanam, merawat, dan menghasilkan panen yang maksimal.

Hasil panen jagung akan dihimpun oleh Koperasi Duta Tani dari semua anggota koperasi. dengan adanya stok jagung yang memadai, Koperasi Duta Tani akan bekerja sama dengan perusahaan penampung hasil panen jagung dengan memberikan harga penawaran yang terbaik. Hasil margin dari penjualan tersebut akan diserahkan kepada anggota dan koperasi dengan sistem bagi hasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *