Penanaman benih jagung

Posted on: Juli 12, 2017, by :

Penanaman

Kegiatan utama dalam budidaya adalah penanaman, faktor penting yang perlu perhatian dalam hal penanaman adalah sebagai berikut;

    • Waktu tanam

Penyususunan rencana tanam pada lahan, umumnya terlaksana setelah tanaman pokok, dengan memperhatikan curah hujan, terutama lahan yang tergantung curah hujan. Varietas yang ditanam disesuaikan dengan keadaan air yang tersedia atau curah hujan. Biasanya waktu penanaman awal musim hujan atau akhir musim hujan/awal musim kemarau, tentunya setelah lahan diolah dan diberi pupuk dasar.

    • Pola tanam

Monokultur adalah pola tanam yang terdiri satu jenis tanaman dalam satu luasan tertentu.

Kelebihannya adalah serangan hama dan penyakit cenderung lebih sedikit dan perawatannya lebih mudah karena hanya satu jenis tanaman saja, selain itu hasil produksinya lebih tinggi karena pertumbuhannya optimal.

Kekurangannya adalah hanya panen satu jenis tanaman saja, sehingga pendapatan yang diperoleh tergantung dari harga pasaran

Polikultur adalah pola tanam yang terdiri atas lebih dari satu tanaman dalam suatu luasan tertentu.

Kelebihannya adalah dapat panen lebih dari satu jenis tanaman sehingga pendapatannya lebih banyak.

Kekurangannya adalah serangan hama dan penyakit cenderung lebih banyak serta perawatan lebih intensif, hasil produksi tidak setinggi monokultur, terutama sistem tumpang sari dan campuran karena berbagi unsur hara dan air.

Biasanya tanaman jagung ditanam secara polikultur atau dicampur dengan tanaman lain dalam suatu luasan tertentu.

Jenis pola tanam polikultur

Tumpang sari (intercropping)

Penanaman lebih dari satu tanaman dalam luasan tertentu secara bersama-sama dengan umur tanaman sama atau berbeda dan jarak tanam teratur, semisal jagung dengan kedelai yang berumur sama, jagung, singkong, padi gogo adalah tumpang sari dengan umur berbeda

Tumpang gilir (relay planting)

Penanaman yang menyisipkan satu atau beberapa jenis tanaman (bukan tanaman pokok) dalam waktu yang berbeda. Penanaman sisipan dilakukan sebelum tanaman pokok dipanen sehingga terjadi tumpang tindih, semisal kacang tanah atau kacang panjang disisipkan di anatara tanaman jagung menjelang jagung dipanen, sehingga batang jagung dapat digunakan sebagai lanjaran kacang.

Tanam campuran (mixed cropping)

Penanaman tanaman jagung dengan beberapa tanaman lainnya tanpa diatur jarak tanam maupun larikannya. Sehingga tanaman tercampur menjadi satu. Penggunaan lahan relatif efesien, riskan terhadap ancaman hama dan penyakit, sulit dalam pemeliharaan. Jagung, kedelai dan singkong dapat ditanam secara sembarangan.

    • Jarak tanam

Pembuatan atau perencanaan jarak tanam disesuaikan dengan varietas terutama umur penanaman. Tanaman semakin tinggi memerlukan tempat yang lebih luas, sehingga jarak tanamnya lebih lebar dan lebih renggang.

110 hari 100x25cm 1 tanaman/lubang 40.000-50.000 tanaman/Ha

110 hari 100x40cm 2 tanaman/lubang 50.000-60.000 tanaman/Ha

80-90 hari 75x20cm 1 tanaman/lubang 66.000 tanaman/Ha

60-70 hari 50x20cm 1 tanaman/lubang 100.000 tanaman/Ha

jarak tanam yang sedang dikembangkan

20x2x70 cm, 70 cm dipersiakan untuk irigasi

12.5x2x110 cm 110 cm dipersiapkan untuk kemudahan irigasi dan perawatan

    • Cara menanam

Membuat lubang tanam dengan alat tugal pada lahan yang telah diberi tanda jarak tanam, kedalaman lubang tanam sekitar 3-5cm, lalu benih dimasukkan kedalam lubang tanam dan ditutup kembali dengan tanah. Biasanya pembuatan lubang tanam dan penanaman memerlukan empat orang dengan dua orang pembuat lubang, satu orang memasukkan benih dan satu orang menutup lubang. Jumlah benih yang dimasukkan tergantung dengan polatanam yang direncanakan. Saat penanaman sebaiknya tanah dalam keadaan lembab dan tidak tergenang, jika kering maka tanah perlu diari terlebih dahulu.

Penggunaan mesin tanam memang lebih efektif, hanya yang perlu diperhatikan adalah pola tanam dan jarak tanam, karena biasanya jarak tanam sudah dibuat secara pabrikan. Sehingga sulit untuk menyesuaikan dengan pola dan jarak tanam yang dihendaki (custom).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *