Type tanaman jagung

Posted on: Juli 11, 2017, by :

Lanjutan dari Budidaya Jagung#2

  1. Botani

Type jagung berdasarkan penampilan dan tekstur biji (kernel)

  • Mutiara (flint corn) Zea mays varietas indurata

Varietas lokal Indonesia warna biji umumnya terdiri dari lebih dari satu warna dalam satu tongkol, seperti kuning dan putih, bahkan ada warna hitam, berbentuk bulat licin dan mengkilap, teksturnya keras karena bagian atas biji terdapat pati yang keras, pada saat siap dipanen bagian atas biji mengkerut secara bersama sama sehingga permukaan biji bagian atas licin dan bulat. Banyak disukai karfena varietas ini tahan hama gudang atau penyimpanan.

  • Gigi kuda (dent corn) Zea mays varietas identata

Populer di Amerika dan eropa, banyak juga terdapat di beberapa daerah di pulau jawa, perbedaannya tidak sepenuhnya mirip, hanya setengah gigi kuda. Berwarna kuning dan berukuran besar, bentuknya pipih dan berlekuk di puncak biji. Bagian pati pati keras, tepatnya dibagian sisi biji, sedangkan pati lunaknya berada di tengah sampai ujung biji. Saat biji mengering, pati lunak kehilangan air lebih cepat dan lebih mengerut dari pati kerasnya sehingga terjadi lekukan pada bagian atas biji.

  • Manis (sweet corn) Zea mays varietas saccharata

Warna biji umumnya kuning dan transparan pada saat masak, Kandungan gula biji jagung manis lebih tinggi dari kandungan patinya. Bijinya akan keriput jika kering dan biasanya dipanen saat masih muda.

  • Berondong (pop corn) Zea mays varietas everta

Proporsi jagung (pati) jagung lunak berondong jauh lebih kecil dibanding dengan jagung type flint, dan hasilnya jauh lebih rendah. Biji jagung ini akan meletus jika dipanaskan karena uap air dalam biji mengembang. Volume pengembangannya dapat mencapai 15-30 kali dari semula. Kadar air untuk proses peletusan sekitar 14%

  • Tepung (floury corn) Zea mays varietas amylacea

Biasanya ditanam di dataran tinggi Amerika selatan (Peru dan Bolovia), jagung ini berumur panjang. Zat pati terdapat pada endpsperma berupa pati lunak, kecuali diabgian sisi biji yang tipis berupa pati keras. Pati lunak sangat mudah dicerna sehingga biasanya digunakan untuk makanan bayi.

  • Ketan (waxy corn) Zea mays varietas ceratina

Kandungan endosperma pada jagung ketan berisi amilopektin, pada jagung biasa sekitar 70% amilopektin dan sisanya amilosa, biasanya jagung ini digunakan sebagai bahan perekat selain sebagai bahan makan.

  • Polong (pod corn) Zea mays Varietas tunicata

Setiap biji terbungkus dalam kelobot, seluruh tongkolnya juga terbungkus dalam kelobot. Type ini tergolong langka dan aneh, memiliki biji dengn endosperma bisa dalam varietas flint, dent, pop, sweet atau waxy.

Dari semua type tersebut yang paling banyak di budidayakan di Indonesia adalah;

  • Mutiara (flint corn)
  • Gigi Kuda (dent corn)
  • Manis (sweet corn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *